Pengalaman Psikotes BPJS Ketenagakerjaan 2018

Haloo jobseeker.
pasti diantara kita banyak yang pengen bekerja di bumn atau instansi pemerintahan lainnya...yapss bener gaes aku gue termasuk salah satunya.. alasan aku pengen kerja di bumn ataupun pemerintahan karena di mata mertua jadi lebih keren, lebih pasti, dan lebih sejahtera, betul ngak?? Tapi ni tapi...cara buat masuk bumn/ pemerintah itu susah dan sulit banyak sekali kualifikasi dan tahap yang harus kita ikuti, selain kita di tuntun buat unggul dari segi cerdasan, salah satu faktor lain yang ngalahin selaganya ada keberuntungan (wong bejo). Nah...oleh untuk itu kalian temen2 para jobseeker jangan berkecil hati kalo kalian lulusan dari PTS / ipk.y rendah coba di coba aja daftar siapa tau rekeji kalian bisa keterima. Wowwwwww
Tapi ada yang perlu kalian inget ketika kalian memilih atau melakukan suatu hal ingat harus sungguh2 jangan setengah2 kalian jg harus usaha (belajar dan berdoa) yakin aja dah pokoke.
Oke kita masuk di pembahasan kaya di judul...
Jadi tadi jam 4 sore hari minggu tanggal 25-3-2018 aku baru saja melaksanakan ujian psikotes BPJS Ketenagakerjaan yang di lakukan secara online. Adapun waktu tes di lakukan selama +_50 menit. Oh iya...jadi aku melamar di BPJS TK ini di posisi pemasaran dan administrasi...adapun tahapan tesnya antara lain:
1. TES Gambar
Jadi di tes gambar ini ada 20 dan waktunya 20.n kaya.e soal yang berisi tentang gambar2 gitu dan kita di suruh menyimpulkan gambar selanjutnya serta mengelompokkan/ melengkapi. Tes ini si ngk terlalu sulit cuma butuh ketelitian dan penalaran..alhamdulilah aku berhasil ngerjain semua.
2. Tes analogi
Jadi di tes ini sama ada 20 soal yang berisikan analogi, soalnya si mirip kaya waktu kita dulu ujian masuk kuliah ada 2-3 kalimat atas bawah lalu kita di suruh menyimpulkan sama kaya yang ada di jawaban. Agak susah jg soalnya waktunya cepet banget sedangkan kita harus baca soalnya bolak-balik supaya paham.
3. Soal Matematika Dasar
Jadi di soal matematika ini ada 20 soal dan waktunya ada 20 menit atau 15 menitan. Di soal ini lebih ke arah soal cerita selain kita butuh perhitungan kita jg butuh penalaran..buat aku ini soal yang susah si soalnya kita mengitungnya lama jg waktunya jalan terus. Dari 20 soal tadi si kira2 15 soal aku bisa jawab. Cuma sisa ngk keburu karena waktunya. Semoga aja bener semua. Aminn.
4. Soal kepribadian
Jadi di soal kepribadian ini ada dua pilihan jawaban dan dari masing2 pilihan jawaban tadi ada yang sesui ama diri kalian. Nah pilihannya itu pakenya bukan betul salah jadi pakenya skala ( skala kaya kuesioner gitu 1-5). Untuk penilaiannya aku kurang tau jg tentang sekalanya. Kalian bebas mau pilih angka berapa dari range angka tersebut . Cuma di usahakan si kalian jawab jujur sesuai diri kalian aja. Ohh ya.... jadi soalnya itu ada 60 soal  waktunya kurang lebih 30 menit. Jadi manfaatin waktunya baik2 yaa jangan kebanyakan mikir.

#Tips
1. Kalian setelah baca tulisan aku ini usahakan belajar yaa...soalnya kemampuan penalaran itu bisa di pelajari untuk membiasakan diri supaya ngk kaget dan binggung. Aku rasa soalnya beda bgt sama tes2 lain yang pernah aku ikuti.
2. Usahakan menggunakan google chorem ter update, jadi buat kalian yang chrome nya  belom update di update dulu biar waktu tes ngk ngadat yuppss.
3. Tenang relaxe dan usahakan mengerjakan didampingi teman karena temen kalian bisa membatu kalian sewaktu bingung memilih jawaban. Temannanya jg harus yang pinter.
4. Susah mencet tombol pilihan jawaban dan next. Nahh...itu yang bisa konsentrasi dan emosi kalian di uji. Jadi waktu kalian pilih jawaban itu ngk muncul tombolnya dan setelah kalian bisa milih ngk bisa ke soal selanjutnya. Yupppsss....kalian tenang aja karena waktu kalian susah milih itu waktu timernya berhenti jadi ngk usah panik waktu kalian kemakan. Cukup tenang fokus dan stel kendo aeee...wkwk

Jadi begitulah kira2 cerita aku soal tes bpjs ketenagakerjaan 2018, semoga bisaa lolos ke tahap selanjutnya.. amin.
kalo ada yang perlu di tanyakan silahkan komen dan kalo kalian pengen tau postingan tulisan selanjutnya kalian bisa tekan mengikuti.
Selamat belajar dan salam jobseeker...wowww.


Aris


Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Interview di Bank Sinarmas

Tes Psikotes Bank Sinarmas Tbk